Monday, September 19, 2016

Fitur iOS 6 Siri di iPad dan Apple Maps

Fitur iOS 6 Siri di iPad dan Apple Maps


Apple WWDC 2012 (Worldwide Developers Conference) hari ini telah mengumumkan lebih 200 fitur yang akan hadir di sistem operasi iOS 6. Meski fitur yang diluncurkan kedengarannya sangat banyak namun mayoritas fitur iOS 6 tidaklah terlalu istimewa karena OS lain seperti Android ataupun BB sudah memilikinya lebih dahulu.

Mungkin yang menarik perhatian adalah hadirnya Siri di iPad dan juga Apple Maps yang tidak lagi memakai API Google Maps. Dimana menurut Info Teknologi kehadiran Apple Maps akan sangat berpotensi mengakhiri dominasi Google sebagai penyedia layanan peta.
Fitur iOS 6:
Siri

Siri iPad 2 & New iPad

    Siri kini tersedia di iPad dan dapat diakses dengan menekan tombol Home. (tampilan Siri akan hadir dibagian bawah layar iPad)
    Siri memungkinkan penggunanya mendapatkan update info olahraga (Sepakbola, Baseball, Basket, dll) yang berasal dari Yahoo.
    Integrasi Siri dengan situs rekomendsi Yelp, info berupa harga makanan, review dan juga rating tempat.
    Kerjasama Siri dengan Open Table dan Rotten Tomatoes.
    Siri di iOS 6 dapat menjalankan applikasi berdasarkan permintaan user dan juga mengirimkan tweet.
    Siri akan akan tersedia dalam bahasa Jepang, Spanyol, Italia, Korea, Mandarin dan Kanton. (Saat ini Siri sudah tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman dan Perancis)

Integrasi Facebook di iOS 6

Integrasi Facebook di iOS 6

    Facebook kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari iOS, user cukup login sekali dan user dapat share foto, link tautan, status, iTunes link, dll.
    Event Facebook yang statusnya di RSVP atau Maybe akan secara otomatis dimasukkan kedalam kalender. (termasuk juga ulangtahun teman di Facebook)
    Teman Facebook yang mencantumkan informasi kontak telepon / hp akan ditampilkan dalam Contat.

Tambahan Fungsi internal Handphone

Fungsi ios 6

    Reminder yang akan mengingatkan user untuk menelepon kembali. Applikasi akan menset reminder ataupun mengirimkan sms ke orang tersebut.
    Fitur Geo-fence yang memungkinkan pengguna untuk menelepon contact tertentu saat kita meninggalkan suatu lokasi.
    Fitur DO NOT DISTURB: Memungkinkan device iOS agar tidak berdering ataupun memunculkan notifikasi di layar saat ada telepon masuk ataupun sms. (user bisa difilter)

FaceTime

FaceTime

    FaceTime tidak lagi hanya bisa digunakan melalui WiFi, karena kini diakses melalui jaringan operator seluler (3G/4G)
    Setiap user akan memiliki nomor telepon unik dan Apple ID untuk digunakan di FaceTime.

Safari/iCloud Tabs:

    Khusus penggunga OS X Mountain Lion dan iOS 6 fitur iCloud Tabs kini dapat berfungsi di Safari. Namun begitu, tabs tidak akan tersinkronisasi secara otomatis.
    Browser Safari di iOS dapat mengupload foto secara langsung.
    Tambahan fitur baru di Safari, yaitu offline reading list dan Smart App Banners yang akan memberi info applikasi native dari App Store.

iOS 6 Maps:

Apple Maps

    Apple tidak lagi menggunakan Google Maps di iOS, dan lebih memilih menggunakan peta buatan mereka sendiri. (data maps berasal dari provider map lain yaitu TomTom)
    Terdapat 100 juta lebih informasi tempat bisnis saat pertama kali peluncuran.
    Integrasi dengan Yelp.
    Layanan info lalu lintas yang menginfokan kondisi jalanan di suatu daerah, dimana data yang ditampilkan merupakan hasil crowd-source dari para pengguna device iOS.
    Turn-by-turn navigation layaknya Google Maps yang menggunakan suara dari Siri.
    Terintegrasi dengan Siri; dimana user dapat menanyakan keberadaan suatu tempat.
    Maps di iOS6 akan memiliki fitur 3D mode, Flyover, rotate, zoom, ETA, dll.

iOS 6 direncanakan akan hadir pada musim semi tahun 2012 dan hanya akan mendukung iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPad 2, New iPad dan juga iPod Touch (4th gen). (sumber: Techcruch)

Available link for download