Tuesday, December 6, 2016

Fokus Fokus Fokus

Fokus Fokus Fokus



Entah gw kesambet apaan, sampe di akhir 2 tahun masa SMA gw ini, ada suatu keinginan yang mendadak muncul dalam benak gw. Oke, gw harus bisa keterima PTK yang gw impikan, atau PTN yang selama ini gw dambakan. mulai dari sekarang gw harus bisa menjauhkan diri dari mana yang cuma senang-senang jangka pendek. Fokus fokus fokus.

Bukan lebay, bukan terlalu serius. Gw bukan tipe orang yang seriusan, bisa gila juga gw kalo melototin buku terus terusan hahaha. Btw, kembali mengingat kebandelan gw. Pada 2 tahun kebelakang, kerjaan gw main terus, keluyuran. Selalu nabungin duit jajan, beli barang yang gw mau, tapi juga selalu buang duit buat seneng-seneng yang padahal itu duit ortu. Juga gak pernah nurut sama ortu, bohong, keluar pagi buta pulang malem, keluar jumat pulang minggu, weekend jarang di rumah, ngurusin organisasi, bosen ketemu temen sekolah akhirnya ngehibur diri ketemu temen komunitas, bahkan stres ngeluyuran sendirian.

Beberapa kali bolos pelajaran yang gw gak suka. Sampe ortu yang berkali kali ngomelin gw udah capek, jadinya gw dicuekin aja. Gw juga rengking nangkring di kelas, ada ujian ya belajar sekedarnya doang, bahkan tiap jawab soal cuman asal sekedarnya kemampuan yang gw bisa. Dari itu semua, seolah gw seperti orang yang keras kepala? Emang, banget.

Gw gak bangga sama kebandelan gw. Jujur gw gak pinter, tapi gw punya mimpi, yang artinya harus bisa memprioritaskan mana yang akan gw lakuin mulai dari sekarang. Apa gw tetep nurutin hobi nge-curug, nye-pur, nge-pramuka, atau gw mulai dari sekarang buat persiapan belajar test masuk berbagai univ? Jelas gw tau dan akan berusaha ngelakuin mana yang seharusnya sebagai prioritas jangka panjang.

Emang gak gampang buat berubah dari yang tadinya gw begajulan, tapi gw yakin bisa. Sekali lagi, fokus fokus fokus. Mengejar mimpi ibaratnya perjalanan mencapai curug dengan medan berat. Ketika di medan yang berat dan menanjak, nafas gw pendek banget, apalagi badan gw ndut, tapi gw harus paksain jalan terus walaupun sedikit dikit berhenti tapi ga boleh nyerah. Nah maka ketika gw mencoba mempersiapkan diri untuk belajar, dan gw sangat gak suka sama pelajarannya, tapi gw harus paksa belajar sendiri pelajaran yang gw gak suka tersebut. Sampe mengerti alias paham betul, ya gak boleh menyerah.

Intinya ketika punya mimpi, lo harus kejar, gak boleh ada kata pesimis. Optimis bukan berarti kepedean, setidaknya gw tau dimana batas kemampuan gw supaya apa yang gw pilih nantinya adalah optimis yang membuahkan hasil. Sekarang, sudah sekitar H-10 bulan dari saatnya yang sebenarnya dimulai. Manfaatkan lah waktu sebaik mungkin. Jangan menyerah, terus berlatih. Terkadang waktu terlihat masih lama, tapi itu semua gak akan berasa. Sekian, sampai jumpa.


    Jakarta, 06 Juni 2016
    Yunita Anggraini
    SMAN 88 Jakarta
    17 tahun

    Available link for download